- Ruko Sevenlight Lt 2, Jl. Raya Bogor KM 46, Kec. Cibinong, Kab. Bogor
- Email: sevenlightid@gmail.com
- 081234514325
Elemen Penting Dalam Membangun Strategi Pemasaran
Untuk membuat produk dipasarkan pada target yang tepat, diperlukan sebuah strategi pemasaran yang tepat pula.
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan strategi Marketing Mix atau Bauran Pemasaran yang dikemukakan pertama kali oleh Neil Borden, yang sangat populer di dunia.
Salah satu strategi pemasaran Marketing Mix adalah 5P Marketing Mix atau 5P Bauran Pemasaran.
5 P Pemasaran – Product, Price, Promotion, Place, dan People atau Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Orang – adalah elemen pemasaran utama yang digunakan untuk memposisikan bisnis secara strategis.
5 P of Marketing, juga dikenal sebagai bauran pemasaran, adalah variabel yang dikontrol oleh manajer dan pemilik bisnis untuk memuaskan pelanggan di pasar sasaran mereka, menambah nilai pada bisnis mereka, dan membantu membedakan bisnis mereka dari pesaing. Berikut adalah penjelasan kelima elemen tersebut:
1. Product (Produk)
Produk mengacu pada produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Keputusan produk meliputi fungsi, pengemasan, tampilan, garansi, kualitas, dll.
Pelanggan perlu memahami fitur, kelebihan, dan manfaat yang bisa dinikmati dengan membeli barang atau jasa. Saat memikirkan suatu produk, pertimbangkan fitur utama, manfaat, serta kebutuhan dan keinginan pelanggan.
2. Price (Harga)
Harga mengacu pada strategi penetapan harga untuk produk dan layanan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelanggan. Keputusan penetapan harga tidak hanya mencakup harga jual, tetapi juga diskon, pengaturan pembayaran, persyaratan kredit, dan layanan pencocokan harga apa pun yang ditawarkan.
Saat menentukan strategi penetapan harga, penting untuk mempertimbangkan posisi bisnis di pasar saat ini. Misalnya, jika bisnis diiklankan sebagai penyedia peralatan mekanis berkualitas tinggi, harga produk harus mencerminkan hal itu.
3. Promotion (Promosi)
Promosi mengacu pada aktivitas yang membuat bisnis lebih dikenal konsumen. Ini mencakup hal-hal seperti sponsor, periklanan, dan aktivitas hubungan masyarakat.
Karena biaya promosi bisa sangat besar, maka penting untuk melakukan analisis titik impas ketika membuat keputusan promosi. Penting untuk memahami nilai pelanggan dan apakah layak melakukan promosi untuk mendapatkannya.
4. Place (Tempat)
Tempat mengacu pada tempat produk / layanan bisnis dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Intinya, keputusan tempat dikaitkan dengan saluran distribusi dan cara menyampaikan produk kepada pelanggan utama yang ditargetkan.
Penting untuk mempertimbangkan seberapa mudah akses produk atau layanan dan memastikan bahwa pelanggan dapat dengan mudah menemukan Anda. Produk atau layanan harus tersedia untuk pelanggan pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat, dan dalam jumlah yang tepat.
Misalnya, bisnis mungkin ingin menyediakan produknya melalui situs e-niaga, di toko ritel, atau melalui distributor pihak ketiga.
5. People (Orang-orang)
Orang mengacu pada staf, tenaga penjualan, dan mereka yang bekerja untuk bisnis tersebut. Pemasar perlu mempertimbangkan berbagai hal menyangkut karyawan, mulai dari jumlah sales, jumlah customer service, hingga kemampuan yang dimiliki. Dengan mengetahui elemen SDM, pemasar dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sesuai kapasitas perusahaan.
Sumber : accurate.id