- Ruko Sevenlight Lt 2, Jl. Raya Bogor KM 46, Kec. Cibinong, Kab. Bogor
- Email: sevenlightid@gmail.com
- 081234514325
Apa itu digital marketing? Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet.
Apakah kalian pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online? Atau mungkin kalian juga pernah melihatnya melalui website dan social media suatu perusahaan?
Belakangan ini semua hal tentu saja sering kalian lihat. Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing.
Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.
Bertepattan dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin banyak sekali variasi. Salah satunya itu tren digital marketing.
Lalu, sepenting Apasi sebuah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu?
Untuk menjawab pertanyaan itu Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini agar memahaminya secara jelas.
pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli
Tentunya para ahli juga dalam digital marketing memiliki definisi masing-masing. Pengertian digital marketing menurut para ahli yaitu:
1. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.
2. Kleindl dan Burrow (2005)
Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.
3. Heidrick & Struggles (2009)
Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gembarkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.
Kelebihan Digital Marketing
keuntungan digital marketing ialah kamu dapat menarget pasar yang lebih luas menggunakan biaya yang jauh lebih sedikit dan menggunakan cara-cara yang jauh lebih dapat diukur.
1. Biaya Jauh Lebih Rendah untuk Jangkauan yang Sama
Kalian bisa menjangkau seluruh dunia (asalkan kamu sanggup memenuhi permintaan dari seluruh dunia) dengan biaya yang jauh lebih rendah dengan menggunakan website. Namun perlu kalian ingat, kemudahan ini juga diperoleh pemilik bisnis lain termasuk kompetitor kalian.
Untuk memunculkan situs web, kalian tetap perlu melakukan promosi yang lebih baik dari pesaing kalian. Ada 2 macam “promosi” yang umum dilakukan para pemilik website, yaitu SEO atau Search Engine Optimization dan Iklan.
Kedua cara tersebut sama-sama memakan biaya. Sama halnya dengan era sebelum digital marketing, budget dan metode promosi siapa yang lebih efektiflah yang akan memenangkan persaingan tersebut.
2. Mempermudah Komunikasi Berkala
Membuat pelanggan setia pada produk atau jasa kita bisa jadi lebih sulit dan memakan biaya daripada memperoleh pelanggan baru.
Dengan adanya Digital marketing memungkinkan tim kalian untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan menggunakan cara yang halus, akrab dan hemat biaya. Para pelanggan yang merasa diperhatikan akan lebih mudah mengingat merek produk atau jasa kalian dibanding saingan.
Seorang pelanggan yang setia pada produk atau jasa kalian juga lebih besar kemungkinannya untuk melakukan transaksi berulang kali membeli produk atau jasa lain yang kalian tawarkan dan bahkan menyarankan orang-orang di sekitar mereka untuk menggunakan produk atau jasa Kalian.
Tergantung platform analisis apa yang Anda gunakan, Anda akan dapat melihat usia dan jenis kelamin, minat, tempat tinggal, bahasa mereka, perangkat apa yang mereka gunakan untuk melihat konten Anda serta berbagai komponen lainnya.
Kekurangan Digital Marketing
1. Membutuhkan Pengalaman dalam Penerapannya
Salah satu kekurangan yang terdapat dalam digital marketing adalah dibutuhkannya banyak waktu dan pengalaman yang memadai digital marketing tidak dapat dilakukan dalam waktu yang cepat (instant).
Digital marketing sejalan juga dengan branding produk yang Anda tawarkan, sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak dan pengalaman yang cukup supaya produk yang Anda tawarkan dikenal dan diterima oleh calon konsumen.
2. Membutuhkan Passion dan Konsistensi
Proses dalam pelaksanaan digital marketing membutuhkan passion dan konsistensi dari pelaku. Tanpa adanya passion dan konsistensi yang baik, pada penerapannya akan menyebabkan munculnya sikap pesimis dari pelaku. Oleh sebab itu, Anda perlu menemukan passion Anda sebelum memulai menerapkan strategi digital marketing.
Anda juga dapat berupaya menemukan kandidat SDM yang memiliki passion dalam menjalankan digital marketing.
Bagi kamu yang masih bingung memahami konsep dasar digital marketing secara menyeluruh, kursus online ini adalah solusi yang tepat buatmu!
Kursus online ini akan membahas hal-hal fundamental yang wajib diketahui, hingga strategi awal untuk segera memulai digital marketing.
Sumber: jurnal.id
Ingin Membuat Website? Jangan Sungkan Hubungi Sevenlight
Wa: 0812-3451-4325
Semoga Bermanfaat.