Bagi Kamu yang masih mempertanyakan apa saja manfaat website untuk perkembangan bisnis, berikut informasi selengkapnya.
1. Meningkatkan Kredibilitas
Hampir semua calon pembeli melakukan riset online sebelum membeli barang. Caranya adalah dengan mencari di Google. Jika bisnis Kamu menggunakan website maka akan dengan mudah ditemukan oleh audiens.
Meski bisnis Kamu hanya skala kecil, tapi kalau menggunakan website akan terlihat lebih profesional. Kredibilitas akan meningkat.
Dengan catatan tidak hanya sebatas website saja. Tapi website yang didesain profesional sesuai dengan nichenya.
Semakin tinggi tingkat kredibilitas, maka semakin besar kesempatan untuk melejitkan penjualan dan mengembangkan bisnis lebih besar lagi.
2. Menghemat Biaya Iklan
Bayangkan jika Kamu harus menyewa space iklan di koran, memasang iklan di televisi, atau memasang baliho di tengah kota. Berapa biaya yang harus Kamu keluarkan?
Berbeda jika Kamu membuat website. Meski pembuatan website juga membutuhkan biaya, namun masih lebih murah dibandingkan harus memasang iklan di media cetak dan elektronik.
Apalagi jika website tersebut dioptimasi. Berada di halaman pertama mesin pencarian akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung. Kesempatan konversi dari pengunjung menjadi pembeli lebih besar. Dan bisnis akan lebih mudah berkembang
3. Lebih Mudah Menghubungkan dengan Pelanggan
Manfaat website untuk bisnis lainnya adalah mudah menghubungkan dengan pelanggan. Selain sebagai toko online, website juga bisa digunakan untuk menyimpan katalog produk dan company profile.
Website seperti etalase yang menyimpan dan menampilkan produk dan layanan bisnis Kamu. Kapanpun Kamu mau, bisa dengan mudah merubah, menambah, ataupun mengurangi isi etalase.
Begitu juga dengan konsumen. Kapanpun mereka mau, mereka bisa dengan mudah melihat isi etalase tersebut. Memilih produk atau nan mana yang ingin mereka beli.
Kemudahan dalam menghubungkan dengan pelanggan inilah yang membuat
website lebih dipilih dibandingkan dengan platform lainnya.
4. Mudah diakses
Gaya hidup yang serba cepat dan instan membuat banyak orang memilih berbelanja secara online. Selain lebih mudah, mereka bisa melakukan pembelian selama 24 jam.
Keberadaan
website akan membantu audiens menemukan toko Kamu di internet. Hanya dengan mengetikkan kata kunci yang relevan, maka website Kamu bisa ditemukan dalam sekali klik.
Kemudahan akses inilah yang membuat pengunjung juga mudah membuat keputusan pembelian dari website Kamu. Alhasil, penjualan terus meningkat yang disertai dengan peningkatan omzet juga.
5. Jangkauan Target Market Lebih Luas
Membuka toko offline hanya menjangkau target market yang terbatas. Paling jauh hanya sekitar radius 10 kilometer dari toko. Berbeda jika menggunakan
website sebagai toko online. Jangkauan website tidak hanya satu negara. Tapi juga satu dunia.
Bahkan tidak menutup kemungkinan Kamu akan mendapat pembeli dari negara lain. Karena jangkauan internet itu tak terbatas.
Manfaat website yang mampu menjangkau target market lebih luas inilah yang bisa dijadikan kelebihan. Dibandingkan dengan menyewa toko offline yang harga sewanya jauh lebih mahal.
6. Media Company Profile
Sebelum era digital dimulai, company profile ditulis dalam bentuk lembaran kertas cetak. Seperti buku atau paper. Selain berbiaya mahal, company profile cetak seperti ini juga kurang efektif.
Berbeda jika Kamu menggunakan website sebagai company profile. Tidak perlu repot-repot mencetaknya. Lalu mengirim pada klien. Cukup memberikan link website pada klien.
Dengan cara ini klien atau siapapun yang berkepentingan bisa melihat dan mengakses company profile dengan mudah. Termasuk juga portofolio layanan yang pernah Kamu kerjakan sebelumnya.
7. Lebih Menghemat Waktu
Bayangkan juga jika misalkan Kamu menggunakan telemarketing. Sebagai sarana untuk memberikan informasi terkait layanan baru dengan pelanggan. Berapa banyak waktu yang terbuang untuk menghubungi mereka satu per satu.
Berbeda jika Kamu menggunakan
website. Cukup tuliskan informasi terbaru terkait produk atau layanan. Termasuk juga jam buka dan tutup toko. Tentang lowongan pekerjaan. Ataupun informasi lain yang ingin Kamu sampaikan kepada siapapun yang berhubungan dengan bisnis.
Cara ini jauh lebih efektif. Lebih hemat waktu dan biaya. Dan yang pasti, penyampaian informasi juga lebih memberi kesan pada audiens.
8. Media Berbagi Informasi
Tidak hanya sebatas informasi terkait produk dan layanan saja. Manfaat
website untuk bisnis lainnya adalah memberi informasi seperti tips-tips ringan.
Contoh sederhana. Misalkan Kamu menjual baju bahan batik. Kamu bisa membuat artikel konten tentang bagaimana cara memilih kain batik yang baik. Atau corak batik seperti apa yang cocok untuk laki-laki.
Konten seperti ini memang bukan fokus untuk penjualan. Tapi konten dukungan untuk penjualan. Dengan menulis artikel seperti ini, Kamu memberi imej bahwa Kamu sebagai seller merupakan orang yang ahli dalam hal batik.
Lalu apa manfaatnya?
Ketika sudah dianggap ahli, orang tidak perlu lagi meragukan kualitas baju batik yang Kamu jual. Di sinilah kran penjualan mulai terbuka perlahan. Yang pada akhirnya meningkatkan omzet secara cepat.
9. Meningkatkan Layanan
Tidak hanya sebagai toko online yang melayani pembelian saja.
Website juga bisa difungsikan sebagai media untuk meningkatkan layanan.
Contoh kecil saja. Misalkan Kamu membuka bisnis konsultan keuangan. Lalu Kamu menambahkan halaman tanya jawab tentang seputar masalah keuangan. Mulai dari keuangan keluarga ataupun bisnis.
Halaman tanya jawab ini memang gratis. Tapi, jika Kamu melayani semua pertanyaan dengan baik, tidak menutup kemungkinan sebagian dari mereka berminat untuk menggunakan layanan Kamu.
Atau misal membuka layanan konsultasi hukum. Membuka halaman konsultasi secara gratis sama saja memberi jalan pada calon klien untuk menjadi klien.
Memang agak sedikit merepotkan. Tapi jika Kamu melakukannya dengan baik maka bisa dipastikan kenaikan omzet akan melejit tajam. Seiring dengan banyaknya orang yang mengetahui layanan Kamu.
Sumber: disaya.co.id
Ingin Website? Jangan Sungkan Hubungi
Sevenlight saja.
Wa: 0812-3451-4325
Terimakasih.